Status Gunung Ijen Naik Menjadi Level 2 (WASPADA)

Bondowoso, Berdasarkan data dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Badan Geologi, sejak Sabtu, 7 Januari 2023, jam 14:00 wib, status Gunung Ijen dinaikkan dari level 1 (normal) menjadi level 2 (waspada) Dalam Release Data yang diterbitkan, perubahan status tersebut, mengacu pada suhu air di kawah Gunung Ijen yang saat ini mencapai 4,5°C.

Sehubungan dengan aktifitas gunung ijen yang saat ini dalam level waspada, dihimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Ijen, Pengunjung, Wisatawan maupun Penambang, agar tidak mendekati kawah dalam radius 1,5 KM dari bibir kawah. Masyarakat yang bertempat tinggal disepanjang aliran sungai Banyu Pait juga diminta selalu waspada, terhadap potensi ancaman gas vulkanik yang berbahaya, dan tetap memperhatikan perkembangan aktifitas Gunung Ijen.

Jika tercium bau gas sulfur atau blerang yang menyengat / pekat, masyarakat diminta agar, menggunakan masker/ penutup alat pernafasan. Dan untuk jangka pendek atau darurat, dapat menggunakan kain basah sebagai penutup alat pernafasan hidung dan mulut.

Share Berita Ini

Jam Pelayanan

SEN - KAM: 08:00 - 14:00

JUMAT: 08:00 - 10:00

Telephone
(0332) 421707