Rapat Koordinasi Pembentukan Komite Komunikasi Digital (KKD)

Bondowoso [27/10/2011] Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Ghozal Rawan, AP, MM. kemarin membuka acara Rapat Koordinasi Pembentukan Komite Komunikasi Digital ( KKD ) di Ruang Command Center Pemkab Bondowoso. Dalam rakor tersebut dihadiri oleh instansi pemerintah, TNI / POLRI serta lembaga pendidikan yang berkompeten dibidangnya seperti Unej, Unibo, Politeknik Jember dan STAI At-Taqwa Bondowoso.

KKD ini diinisiasi oleh pemprov jatim dan menjadi percontohan bagi provinsi lain, karena Jawa Timur menjadi yang pertama di Indonesia dengan mengumpulkan banyak elemen menjadi satu tim Komite Komunikasi Digital untuk mengantisipasi disinformasi, hoax dan segala dampak buruk dari  perkembangan teknologi digital. Rakor kemarin menjadi pertemuan kedua dalam proses mempercepat terbentuknya tim antisipasi dampak buruk teknologi, dengan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bondowoso sebagai Ketua Umum di tingkat Kabupaten.

Dalam tim tersebut dibagi empat komisi, yaitu: Pertama, Komisi Edukasi dan Literasi untuk mengedukasi dan menyajikan literasi digital kepada masyarakat. Kedua, Komisi Data dan Verifikasi untuk memantau disinformasi maupun misinformasi serta verifikasi informasi yang beredar di masyarakat. Ketiga, Komisi Pertimbangan untuk menjalankan fungsi mediasi dan memberikan pertimbangan kepada penegak hukum terkait disinformasi dan misinformasi diruang publik. Keempat, Komisi Sosialisasi dan Diseminasi untuk melakukan penyebarluasan informasi yang terverifikasi dan sudah diklarifikasi kepada publik secara luas.[abdillah]

Share Berita Ini

Jam Pelayanan

SEN - KAM: 08:00 - 14:00

JUMAT: 08:00 - 10:00

Telephone
(0332) 421707