Daftar Informasi

1 Daftar Informasi Publik

Tahapan Penyusunan Daftar Informasi Publik oleh Rusmawardi, Kendal, 11 Desember 2014

2 Daftar Informasi Publik (DIP) adalah catatan yang berisi keterangan secara sistematis tentang seluruh informasi publik yang berada dibawah penguasaan badan publik tidak termasuk informasi yang dikecualikan.

3 Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya yang sesuai dengan UU KIP serta informasi lainnya yang berkaitan dengan kepentingan publik.

4 Badan Publik adalah lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan badan lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggara negara, yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari APBN dan/atau APBD, atau organisasi non pemerintah sepanjang sebagian atau seluruhnya dananya bersumber dari APBN dan/atau APBD, sumbangan masyarakat, dan/atau luar negeri.

5 DASAR HUKUM Pasal 11 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.Pasal 13 ayat (1) huruf a Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 tahun 2010 Tentang standar Layanan Informasi Publik.

6 PRINSIP DASAR Setiap informasi publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap pengguna Informasi publik.Setiap informasi publik harus dapat diperoleh setiap pemohon informasi publik dengan cepat, tepat waktu, biaya ringan, dan dengan cara yang sederhana.Informasi publik yang dikecualikan bersifat ketat dan terbatas.